Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Tidak akan berkurang harta orang yang bersedekah – Sedekah adalah memberikan atau membayarkan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan. Bersedekah sebenarnya bisa dalam bentuk harta maupun non harta. Oleh sebab itu, ada yang disebut sebagai sedekah jariyah.

Sedekah ini lah yang lebih dikenal sebagai memberikan uang atau bantuan berupa materi kepada orang lain yang membutuhkan.

Namun, karena bentuknya adalah memberikan uang atau materi lainnya, banyak orang yang menganggap bahwa dengan bersedekan maka uang atau harta yang mereka mililki juga akan berkurang dan mungkin mereka akan jatuh miskin.

Padahal sebenarnya Allah telah menjanjikan akan memberikan karunia yang berlipat bagi orang yang mau mensedekahkan sebagian hartanya.

Tidak Akan Berkurang Harta Orang yang Bersedekah

Allah mengganti rezeki yang lebih baik

Dalam Qur’an Surat Saba (34:39):

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Artinya: “”Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Dari ayat diatas dapat diketahui bahwa Allah telah menjanjikan akan memberikan rezeki yang luas bagi hambanya yang dikehendaki dan akan menyempitkan rezeki bagi yang dikehedakinya. Sedangkan bagi orang – orang yang mau menafkahkan, atau mensedekahkan sebagian hartanya, maka rezekinya juga akan digantikan oleh Allah dengan rezeki yang lebih baik dari yang telah dikeluarkan.

Kemanfaatan bagi diri sendiri dan orang lain

Selanjutnya, dalam Riyadh al-shalihin juga terdapat hadits:

َ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ قَالَ الله تَعَالَى : أنفِق يَا ابْنَ آدَمَ يُنْفَقْ عَلَيْكَ .وَعَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال

Dari Abu Hurairah ra. pula bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Allah Ta’ala berfirman: Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya ada yang berinfak kepadamu. (Muttafaq ‘alaih)

Dari hadist tersebut juga dapat disimpulkan bahwa dengan berinfaq maka kita juga akan mendapatkan ganti dari apa yang telah kita keluarkan. Ganti tersebut bisa berasal dari orang lain yang merupakan rezeki dari Allah. Untuk itu, berinfaq atau bersedekah adalah sama dengan melakukan sesuatu untuk kemanfaatan diri kita sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Apa Perbedaan Infaq Dan Sedekah?

Selanjutnya, Hadist lain yang juga terdapat dalam Riyadh AL- Shalihin juga menyatakan bahwa dengan bersedekah tidak akan mengurangi harta yang dimiliki oleh seseorang, sebagai berikut:

وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قََالَ 

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ، وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْداً بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزّاً، وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ للَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

.رَوَاهُ مُسْلِمٌ

 

Dari Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Harta tidak akan berkurang karena shadaqah. Allah pasti akan menambah kemuliaan seseorang yang suka memaafkan. Juga tidaklah seseorang itu merendahkan diri karena Allah, melainkan ia akan diangkat pula derajatnya oleh Allah ‘Azzawajalla.

(HR Muslim)

Seperti yang dijelaskan dalam hadist tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Allah akan menambahkan kemuliaan seseorang dengan memaafkan, serta tidak akan membuat harta seseorang berkurang.

Itu artinya, dengan memaafkan dan bersedekah, maka seseorang akan diberi karunia, rezeki dan kemuliaan oleh Allah SWT. Dengan bersedekah juga kita akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Allah akan melipat gandakan pahala

Dalam satu ayat juga dijelaskan bahwa Allah akan memberikan ganjaran hingga ratusan kali kepada orang yang melakukan sedekah, sebagai berikut:

“Jika kalian meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan (pembalasannya) kepada kalian dan mengampuni kalian. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun”. (QS. At-Taghabun: 17)

itu artinya barang siapa yang menyedekahkan sedikit dari hartanya, maka allah akan melipat gandakan pahala baginya serta mengapuni dosanya. Dan allah telah menjanjikan untuk membalas jasa bagi orang – orang yang penyantun.

Baca Juga: Sedekah Yang Palaing Baik Kepada Siapa?

Dari berbagai penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa barang siapa yang mau bersedekah di jalan Allah dengan tujuan yang mulia, maka Allah akan melipatgandakan ganjaran dan pahala baginya serta melapangkan rezekinya dan mengantikan atas apa yang telah dikeluarkan.

Itu artinya tidak akan berkurang harta orang yang bersedekah, justru Allah akan menambahkan karunianya dan menggantikan harta yang telah disedekahkan melalui berbagai jalan.

 

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat