Taman Zakat Salurkan Ratusan Bibit Pohon Untuk Desa Podorejo, Mojokerto

Taman Zakat Salurkan Ratusan Bibit Pohon

SALURKAN RATUSAN BIBIT POHON UNTUK KEASRIAN BUMI PACET MOJOKERTO

Sabtu, 25 Mei 2024 – Taman Zakat telah mendistribusikan ratusan bibit untuk ditanam di sepanjang sungai di Podorejo, Pacet, Mojokerto. Berkolaborasi dengan HIPPAM (Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum) Podorejo, relawan Taman Zakat juga melakukan aksi penanaman bibit pohon pada titik khusus seperti sumber air dan tepi sungai. Lokasi tersebut dipilih karena memungkinkan tanaman mendapatkan suplai air cukup walaupun memasuki musim kemarau.

Pendistribusian bibit pohon memerlukan pendekatan yang menyeluruh. Pendekatan diawali dengan perencanaan titik penanaman, identifikasi bibit pohon yang sesuai, memastikan bibit tertanam, dan tak ketinggalan perawatan pasca penanaman. Semua bantuan tersebut dilakukan oleh tim perawatan dari HIPPAM Podorejo.

Semua bibit tidak langsung ditanam dalam waktu yang bersamaan. Sebagian bibit dirawat untuk ditanam ketika musim hujan tiba. Sementara itu, bibit yang lainnya difungsikan sebagai tambal sulam pada titik-titik penanaman yang rusak.

Ahamdulillah, kegiatan penyaluran bibit dan penanaman telah berjalan dengan lancar. Harapan besar dari program ini adalah terciptanya vegetasi hutan yang semakin asri serta munculnya sumber mata air baru beberapa tahun mendatang yang bermanfaat bagi penduduk sekitar.