Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Sedekah yang paling baik kepada siapa – Sedekah merupakan amal perbuatan mulia yang dianjurkan dalam agama islam. Seperti yang sebelumnya telah dibahas, bahwa sedekah berarti memberikan sesuatu berupa harta maupun nonharta kepada orang lain yang membutuhkan.

Biasanya kita akan berfikir bahwa yang membutuhkan sedekah adalah orang – orang yang kurang mampu,misalnya anak yatim, orang fakir ataupun janda – janda tua yang sepertinya sudah tidak bisa bekerja. Sebelumnya mari kita bahas mengenai apa sedekah itu dan bagaimana anjuran sedekah dalam agama islam.

Anjuran Bersedekah Dalam Agama Islam

Bersedekah, selain dapat meringankan beban orang lain namun juga akan mendatangkan kebaikan bagi orang yang melakukan sedekah. Di dalam Al-Qur’an Allah berfirman:

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu, sungguh Allah Maha Mengetahui.” (QS Ali Imran: 92)

Ayat diatas menerangkan bahwa seseorang akan dianggap memperoleh kebaikan jika telah menginfaqkan atau menyedekahkan sebagian hartanya. Meskipun yang telah kita tahu bahwa bersedewah bukan hanya berupa harta saja.

Selain ayat tersebut, masih ada beberapa hadist tentang keutamaan bersedekah bagi seorang muslim. Seperti hadist riwayat Ibnu A’mir berikut:

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ عَنْ أَهْلِهَا حَرَّ الْقُبُورِ، وَإِنَّمَا يَسْتَظِلُّ الْمُؤْمِنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ

Artinya: “Sesungguhnya sedekah pasti bisa meredam orang-orang yang melaksanakannya dari hawa panasnya kubur. Pada hari kiamat, orang yang beriman akan mendapat naungan (berteduh) di bawah sedekahnya (saat di dunia).” (Syu’abul Iman: 3076).

Itu berarti bahwa bersedekah akan mendatangkan banyak kebaikan bagi orang yang memberikan sedekah. Baik kebaikan di dunia maupun kebaikan di akhirat.

Dengan begitu anda sudah mengerti bagaimana keutamaan bersedekah dalam agama islam. Selanjutnya kita akan membahas tentang “Sedekah yang paling baik kepada siapa?”. Berikut penjelasannya:

Sedekah Yang Palaing Baik Kepada Siapa

Sedekah Yang Paling Baik Kepada Siapa?

Sebelumnya telah kita singguh bahwa sedekah adalah sesuatu yang diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Namun siapa kah orang lain tersebut? Berikut adalah ulasannya:

Menafkahi anak istri

Bagi anda yang telah berkeluarga, menafkahi anak dan istri anda adalah merupakan suatu sedekah. Dan melakukan sedekah terhadap keluarga, dalam hal ini anak dan istri adalah yang paling utama.

Sudah seharusnya anda mendahulukan anak dan istri anda dibanding orang lain. Karena mereka adalah kewajiban anda dan sudah semestinya anda memberikan nafkah kepada mereka untuk mencukupi kebutuhannya.

Jangan sampai anda terlalu sibuk memberikan sedekah kepada orang lain namun anak dan istri anda menderita kekurangan dalam kehidupan seharinya – harinya.

Sebagaimana sabda rasulullah S.A.W:

دِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى رَقَبَةٍ وَدِينَارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ أَعْظَمُهَا أَجْرًا الَّذِى أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ

“Ada dinar yang kamu infakkan di jalan Allah, dinar yang kamu infakkan untuk memerdekakan budak dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Namun dinar yang kamu keluarkan untuk keluargamu (anak-isteri) lebih besar pahalanya.” (HR. Muslim)

Kepada Kerabat

Selanjutnya, yang paling utama dalam menerima sedekah setelah anak dan istri adalah kerabat kita. Kerabat meruapakn keluarga paling dekat yang kita miliki,makasudah sepantasnya jika kita mendahulukan keluarga dibanding orang lain.

Misalnya saja kita mempunyai tetangga yang membutuhkan, namun disisi lain kerabat kita juga sedang membutuhkan, maka kita sudah sepantasnya membantu kerabat kita tersebut. Seperti sabda Rasulullah S.A.W berikut:

اَلصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِيْنِ صَدَقَةٌ وَ هِيَ عَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ  :  صَدَقَةٌ وَ صِلَةٌ

“Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua (kebaikan); sedekah dan silaturrahim.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim, Shahihul Jami’ no. 3858)

Bersedekah kepada tetangga

Setelah kepada keluarga dan kerabat telah kita lakukan, barulah kita bisa bersedekah kepada tetangga kita yang membutuhkan. Kita memang tidak boleh diam saja melihat tetangga kita sedang mengalami kesusahan. Maka kita bisa membantunya sesuai dengan kemampuan kita.

Baca Juga: Apa Perbedaan Infaq Dan Sedekah?

Demikian adalah penjelasan mengenai pentingnya sedekah dan kepada siapa sedekah yang paling baik. Jadi sekarang kita sudah tahu sedekah yang paling baik kepada siapa. Tentu saja kita harus melakukan sedekah sesuai dengan kemampuan kita serta kepentingan kita.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat