Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Mendidik anak di Era Digital menurut Islam – Anak adalah suatu rezeki yang dititipkan oleh Allah kepada orang yang telah dipercayainya. Tentu hadir berbagai tanggung jawab bersamaan dengan dititipkannya anak kepada kita. Salah satu tanggung jawab serta kewajiban kita terhadap anak adalah dengan mendidik mereka menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta menjadi warga negara yang baik.

Namun, dengan semakin berkembangnya tehnologi, tentu semakin mudah pula berbagai kebudayaan yang masuk dan bisa dipelajari oleh anak. Hal tersebut tentu adalah sesuatu yang baik, karena anak akan semakin luas wawasan dan pengetahuan mereka.

Pengetahuan tersebut tentu akan sangat berguna bagi kehidupannya saat ini dan nanti saat mereka dewasa. Namun, dengan semakin majunya tehnologi yang saat ini biasa disebut dengan tehnologi digital, semakin mudah pula anak mengakses segala informasi yang mungkin tidak sesuai dengan perkembangan mereka.

mendidik anak di era digital

Seperti yang kita tahu bahwa segala yang mereka akses di dunia maya tau internet yang merupakan ciri dai era digital adalah sesuatu yang bebas dan tidak mudah untuk memfilternya. Hal ini yang menyebabkan banyak anak yang mengalami hal- hal yang tidak diinginkan.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan menbahas tentang bagaimana cara mendidik anak di era digital menurut islam:

Selalu berkomunikasi dengan anak

Dengan adanya media sosial, tentu komunikasi dengan anak akan semakin mudah. Anak pasti sangat senang jika melakukan komunikasi melalui media sosial ketika orang tua tidak ada disampingnya. Misalnya saja ketika anak sedang mengikuti rekreasi atau study tour di sekolahnnya,

Sebagai orang tua bisa melakukan video call maupun mengirimkan pesan singkat melalui aplikasi chat. Dengan begitu anda tetap bisa berkomunikasi dengan anak dan bisa mengontrol mereka. Anda mungkin juga bisa menanggapi apa yang mungkin di unggah di media sosial mereka. Maka anak anda akan merasa bahwa anda memperhatikannya dan anda adalah orang tua yang melek tehnologi.

Berkomunikasi bukan berarti over protektif terhadap anak anda. jadi, jika anda sedang berada jauh dari anak anda, jangan sampai anda terlalu sering menelepon dan bersikap khawatir. Hal itu akan menyebalkan bagi mereka dan mereka justru akan menjauhi anda.

Ajarkan dasar – dasar agama sejak dini

Selanjutnya, anda bisa mengajarkan berbagai dasar – dasar agama sejak mereka masih kecil. dengan memberikan pengajaran yang cukup dan sederhana, mereka akan memiliki benteng pada diri mereka. Anda bisa saja mengaitkannya dengan informasi – informasi terbaru.

Misalnya, jika anak anda menyukai game, tentu itu bisa mengganggu jam belajarnya. Maka anda bisa mengatakan bahwa game bukanlah sesuatu yang salah dan tidak dilarang untuk dilakukan. Namun, tentu saja game memiliki dampak yang buruk.

Baca juga: Pentingnya mendidik anak sejak dalam kandungan

Anda bisa mengajarkan bahwa waktu bisa dibagi. Ajarkan mereka untuk membuat jadwal kapan waktunya Sholat, kapan anak harus belajar dan kapan anak diberi kesempatan untuk memainkan gamenya.

Sisihhkan waktu luang untuk anak anda

Selanjutnya, anda harus selalu bisa meluangkan waktu luang untuk anak anda. dengan waktu luang itu anda akan bisa mengetahui apa yang disuaki anak, apa yang dilakukan anak dalam mengisi kegiatannya. Anda mungkin juga bisa berbincang dengan anak anda tentang apa yang disukainya, dan apa yang tidak disukainnya.

Anda bisa menceritakan berbagai cerita yang memiliki pelajaran baik kepada mereka. Misalnya dengan menceritakan berbagai cerita sahabat nabi atau cerita –cerita teladan lainnya. Untuk memberikan pelajaran tentang islam kepada mereka.

Ketahui trend saat ini

Selanjutnya anda harus mengetahui trend saat ini. Misalnya dengan mencari tahu trend game saat ini yang populer, film yang sedang hits dan lain sebagainya.dengan begitu anda bisa memfilter apa yang dilihat oleh anak anda.

Anda mungkin juga bisa bersama – sama bermain game, atau melihat film yang disukai oleh anak anda. dan diantaranya anda bisa mengajarkan tentang sisi – sisi positif dan negative dari apa yang anda dan anak anda lakukan.

Demikian adalah beberapa cara untuk mendidik anak di era digital menurut islam. Dengan mendidik anak dengan baik, anak tidak akan tersesat dalam perjalannnya menjadi dewasa.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat