Call Center

031 - 99 787 999

Email

mail@tamanzakat.org

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

mendidik anak sejak dalam kandungan

Mendidik anak sejak dalam kandungan – Pendidikan adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi perilaku dan sifat seseorang. Setiap manusia tentu memiliki sikap, sifat serta budi pekerti yang berbeda – beda. Saat ini, semakin banyak orang muda maupun sudah berumur kurang memiliki budi pekerti yang baik.

Untuk itu saat ini telah banyak perbincangan mengenai mengapa seseorang tidak memiliki budi pekerti yang baik. Dan banyak yang menyatakan bahwa faktor terbesar yang mempegaruhinya adalah pendidikan yang didapatkan orang tersebut selama hidupnya.

Secara tidak langsung pendidikan memang sesuatu yang sangat berpengaruh dalam menerapkan nilai – nilai kehidupan. Dengan mengetahui nilai – nilai tersebut seseorang pasti akan tahu dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Baca juga: Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Untuk menyikapi hal tersebut, di era globalisai dimana semakin banyak rintangan serta pengaruh negative, muncul berbagai pendapat yang salah satunya adalah bahwa penting bagi orang tua untuk mendidik anak sejak dalam kandungan.

Dengan mendidik anak sejak dalam kandungan, diharapkan anak akan memiliki sikap yang baik dan mengerti hal – hal yang baik dan tidak baik. Sehingga dalam kehidupannya anak akan menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai pentingnya mendidik anak sejak dalam kandungan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita terapkan dalam mendidikan anak sejak dalam kandungan:

Membacakan ayat – ayat Al-Qur’an

Dengan membacakan ayat – ayat Al-Qur’an diharapkan anak akan terbiasa mendengarkan kalimat – kalimat yang baik. Dengan begitu anak akan telah terbiasa mendengar kalimat – kalimat Allah yang nanti ketika telah lahir ke dunia, anak tersebut akan terbiasa juga melafalkannya.

Dalam ayat – ayat Al – Qur’an juga terdapat pelajaran – pelajaran baik yang nantinya akan berguna bagi anak untuk menjalani kehidupannya.

Membicarakan hal – hal baik pada anak dalam kandungan

Meskipun anak masih dalam perut, namun anak sudah bisa mendengar dan mengerti setiap sentuhan serta kalimat yang diucapkan oleh ibunya. Anda bisa menceritakan berbagai cerita – cerita nabi maupun cerita teladan lain yang mengandung nilai – nilai budi pekerti.

Berbicara layaknya berbincang dengan orang, hendaklah orang tua mengajak berbicara kepada anaknya yang masih dalam kandungan dengan tutur kata yang lembut dan kalimat-kalimat yang positif. Dengan begitu otak anak sudah merekam yang telah anda katakana kepadanya sejak ia masih berada dalam kandungan.

Ajarkan Bunyi – Bunyian

Selanjutnya, anda juga bisa mengajarkan berbagai perbedaan bunyi – bunyian pada anak dalam kandungan anda. misalnya dengan memperdengarkan adzan yang merupakan bunyi yang baik. Katakan kepadanya bahwa adzan adalah tanda bahwa anak harus sholat dan menghada kepada Allah S.W.T.

Anda juga bisa mengajarkan bahwa suara yang baik akan menenangkan. Hal itu bisa terlihat dari gerakan bayi dalam kandungan. Jika suara yang didengar adalah suara yang menenangkan, gerakan bayi juga akan terasa lebih tenang.

Kondisikan lingkungan yang baik

Selama hamil, anda harus mengkondisikan lingkungan anda. dengan kondisi lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh baik pula bagi bayi anda. sehingga dengan begitu bayi anda akan lebih tenang dan tumbuh dengan baik.

Jika kondisi lingkungan kurang baik, anda bisa mendengarkan musik-musik klasik, mendengarkan shalawat ataupun ayat – ayat Al-Qur’an. Dengan begitu anak anda juga akan mendapatkan pengaruh yang lebih baik ketika lahir.

Lalu, apa manfaat dari melakukan pendidikan bagi anak sejak dalam kandungan? Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapatkan:

Proses pembelajaran setelah anak lahir menjadi lebih cepat

Menurut beberapa penelitian, dengan memberikan pendidikan dan pembiasaan sejak lahir juga dapat mempermudah proses pembelajaran ketika anak telah lahir.

Anak-anak akan lebih cepat memahami sesuatu lebih cepat dari usianya yang seharusnya

Dengan memberikan pembelajaran sejak dalam kandungan, anak juga mungkin bisa mempelajari sesuatu lebih cepat ketika mereka ada dalam masa pertumbuhan.

Anak mengerti baik dan buruk

Anak akan lebih mudah mengerti tentang hal baik dan buruk. Dan akan tertanam bahwa hal buruk adalah sesuatu yang tidak baik dilakukan dan akan merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Demikian adalah penjelasan mengenai bagaimana cara mendidik anak sejak dalam kandungan dan bagaimana pengaruhnya terhadap anak ketika andak sudah lahir. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. amiin..

 

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat