Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Keutamaan sholat shubuh berjamaah – Sholat adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim. Melaksanakan sholat lima waktu adalah salah satu kewajiban yang sering dilupakan dan ditinggalkan oleh umat muslim. Salah satu sholat yang mudah namun sulit diaksanakan adalah sholat shubuh.

Sholat shubuh bahkan sering ditinggalkan oleh sebagian umat muslim. Namun, disisi lain ada anjuran untuk sholat shubuh berjamaah. Nah berikut ini akan kita ulas mengenai keutamaan sholat shubuh berjamaah bagi umat islam. Berikut ulasannya:

Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

Mendapatkan berkah dari Allah SWT

Dengan shalat Subuh berjamaah, seseorang akan berpeluang mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala. Dengan aktivitas yang dilaksanakan pada waktu pagi, terlebih aktivitas wajib dan dilaksanakan berjamaah seperti shalat Subuh, Rasulullah telah mendoakan agar mendapatkan berkah.

Mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat

Dengan kondisi shubuh umumnya masih gelap dengan penerangan listrik yang ada, maka Allah akan memberikan ganjaran berupa pahala dan itu berarti cahaya yang sempurna pada hari kiamat.

Ganjaran bagi orang yang mau bangun pagi  pagi dan melawan kantuknya adalah cahaya sempurna pada hari kiamat kelak.

Berada dalam jaminan Allah SWT

Ini berari bahwa orang yang melaksanakan shalat Subuh dengan sempurna, terutama dengan berjamaah, maka dia berada dalam jaminan serta perlindungan dari Allah SWT.

Karena berada dalam perlindungan Allah SWT tentu saja orang tersebut tidak bolek disakiti oleh siapapun. Dan barang siapa yang menyakitinya maka akan mendapatkan balasan atau azab yang pedih.

Dibebaskan dari sifat orang munafik

Dengan melakukan sholat shubuh yang pada dasarnya bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kita, maka kita juga akan mendapatkan manfaat itu ketika kita mengerjakannya secara berjamaah.

Apalagi, sholat shubuh sangat sulit dilakukan karena waktunya yang dianggap adalah waktu yang pas untuk tidur, dan akan sangat sulit bangun. Dengan melaksanakannya kita bisa menghindari sifat munafik yang mungkin kita miliki.

Disaksikan malaikat

Dalam suatu hadist diriwayatkan bahwa malaikat mendatangi orang – orang musim ketika melaksanakan sholat. Dengan sholat shubuh berjamaah berari juga akan disaksikan oleh para malaikat bahwa muslim tersebut adalah muslim yang selalu taat beribadah.

Dan dsaksikan malaikat berarti juga kita mendapatkan pahala serta catatan amal yang baik. Untuk itu, sholat shubuh apalagi berjamaah sangat dianjurkan karena bermanfaat bagi diri kita di dunia serta di akhirat kelak.

Akan mendapatkan pahala haji atau umrah bila berzikir hingga terbitnya matahari

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

مَن صلى الغداة في جماعة، ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين، كانت له كأجر حجة وعمرة تامة، تامة، تامة

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Hadist tersebut menunjukkan bahwa dengan shalat shubuh, apalagi dikerjakan secara berjamaah akan mendapatkan ganjaran yang setara dengan ganjaran atau pahala haji dan umroh. Jadi sungguh besar imbalan yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi hambanya yang mau sholat shubuh berjamaah.

Selamat dari siksa neraka

Dalama suatu hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda “tidak akan masuk neraka orang yang sholat sebelum terbitnya matahari dan terbenamnya Ashar. Hadist ini tentu menunjukkan bahwa dengan melaksanakan sholat lima waktu, terutama sholat shubuh, maka akan terbebas dari siksa neraka.

Hal ini juga menunjukkan bahwa dengan berjamaah, dimana pahala yang didapatkan adalah 27 derajat dibanding dengan hanya mengerjakannya sendiri, maka sholat berjamaah akan sangat bermanfaat di dunia serta di akhirat.

Baca Juga: Anjuran Bersholawat kepada Rasulullah SAW

Demikian adalah keutamaan sholat shubuh berjamaah. Sebenarnya mengerjakan sholat berjamaah bukan hanya untuk sholat shubuh saja, namun juga untuk mengerjakan sholat lima waktu lainnya.

Dan dengan melaksanakan sholat shubuh maupun sholat di waktu lain secara berjamaah akan mendatangkan manfaat serta kebaikan bagi kita. Allah juga telah menjanjikan untuk memberikan pahala serta ganjaran bagi siapa yang mengerjakan sholat shubuh terutama yang mengerjakannya secara berjamaah.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat