Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Anjuran bersholawat  – As-shalawât ( الصلوات ) adalah bentuk jamak dari kata as-shalât ( الصلاة ) yang memiliki arti berdo’a. Secara bahasa bershalawat kepada Rasulullah memiliki arti mendoakan kebaikan bagi Rasulullah SAW.

Lalu apakah ada anjuran dalam islam untuk melantunkan sholawat kepada Rasulullah SAW? Berikut adalah ulasan mengenai anjuran Bersholawat Kepada Rasulullah SAW.

Muhammad SAW

Keutamaan Shalawat

Pertama, mari kita bahas mengenai Keutamaan Bersholawat. Dalam suatu hadist, Rasulullah bersabda bahwa barang siapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”

Hadis tersebut menunjukkan bahwa Allah akan mengampuni dosa orang – orang yang bersholawat dan menaikkan derajatnya kelak di surga. Makna dari kalimat Allah akan bershalawat baginya adalah bahwa allah akan melimpahkan rahmatnya kepada orang yang bershalawat tersebut.

Bersholawat kepada Rasulllah sama dengan menunjukkan cinta seorang muslim kepada Rasulullah. Seperti kata para ulama bahwa barangsiapa yang mencintai dan menyukai sesuatu maka orang tersebut akan sering menyebutnya.

Anjuran bersholawat kepada Rasulullah SAW

Shalawat memang sangat dianjurkan dalam islam, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah beberapa dasar yang menunjukkan bahwa Bershalawat memang dianjurkan bagi muslim.

Yang pertama adalah dengan adanya surat Al ahzab ayat 33:56 yang memiliki arti “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi, Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah dan Malaikat – malaikatnya bershalawat untuk Nabi. Maka bagi orang – orang beriman patut juga untuk bershalawat pada nabi serta mengucapkan salam sebagai cinta dan penghormatan.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Lisan Agar Selalu Berbicara Baik

Dan juga seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam hadistnya, Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang bershalawa maka Allah juga akan bershalawat baginya dan melimpahkan anugerah serta pahala baginya di kehidupan saat ini serta kelak ketika telah berada di akhirat.

Artinya, bershalawat memang sesuatu yang sangat dianjurkan dalam masyarakat. Bagi siapapun muslim yang mencintai Rasulullah SAW.

Dengan bershalawat, tidak hanya mendoakan dan berseru kepada Allat SWT, namun juga sebagai salah satu bentuk cinta seorang muslim kepada Rasulullah. Dan dengan bershalawat maka Allah SWT dan malaikat – malaikatnya akan memberikan shalawat untuknya dengan memberikan anugerah serta pahala di dunia dan di akhirat.

Manfaat Shalawat kepada Rasulullah SAW

Selanjutnya, Menurut Ibnu Qayyim rahimahullah ada 40 manfaat yang kita dapatkan dari mengucapkan shalawat untuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan diantara manfaat tersebut adalah:

1). Shalawat sebagai salah satu bentuk ketaatan kepada perintah Allah.

2). Bagi orang yang bershalawat sekali untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka akan mendapatkan 10 kali shalawat dari Allah.

3). Do’a yang didahului dengan shalawat akan dikabulkan

4). Mendapatkan syafa’at dari Rasulullah SAW, apabila bershalawat diiringi dengan memohonan kepada Allah SWT agar memberikan wasilah (kedudukan yang tinggi) kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Kiamat.

5). Merupakan salah satu sebab diampuninya dosa – dosa.

6). Rasulullah akan menjawab shalawat serta salam dari orang – orang yang bershalawat kepadanya.

Demikian adalah bebearap dasar tentang Shalawat kepada Rasulullah SAW. Dari berbagai penjelasan diatas, kita bisa melihat bahwa dengan bershalawat maka akan ada faedah serta manfaat yang bisa kita dapatkan.

Anjuran bersholawat kepada Rasulullah SAW juga terkandung dalam ayat – ayat AL qur’an serta berbagai hadist. Untuk itu, baik kiranya jika sebagai muslim untuk selalu melantunkan Shalawat kepada Rasulullah SAW.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat