Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Keutamaan membaca al-qur’an

Keutamaan membaca Al Quran – Al Quran adalah kalam Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai seorang muslim tentu dianjurkan untuk membaca, mempelajari makna serta mengamalkannya di kehidupan sehari – hari.

Dalam Al Quran memang terkandung berbagai pengetahuan mengenai Agama islam yang harus kita ketahui. Tidak hanya itu, di dalam Al Quran juga terkandung pengetahuan lainnya seperti tentang pengobatan.

Sebagai seorang muslim, tentunya membaca Al Quran sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari – hari. Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai keutamaan membaca Al Quran setiap hari. Berikut ulasannya!

Merupakan perdagangan yang tidak pernah merugi

Dikatakan bahwa membaca Al Quran merupakan suatu bentuk perdagangan yang tidak pernah merugi. Mengapa begitu?  Dalam suatu hadist Rasulullah SAW bersabda bahwa satu huruf dalam Al Quran yang kita baca akan diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

Hadist tersebut menunjukkan bahwa dengan membaca Al Quran kita bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Keuntungan disini tentu saja pahala atau kebaikan sebagai ganjaran membaca Al Quran. Dan semakin banyak kita membaca tentu semakin berlipat pula ganjaran dan keabaikan yang akan didapatkan sebagai gantinya.

Selanjutnya, dikatakan pula dalam salah satu Ayat Al Quran bahwa kebaikan dari membaca Al Quran adalah menghapus kesalahan manusia. “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

Hal – hal diatas menunjukkan bahwa membaca Al Quran dapat di ibaratkan sebagai berdagang. Dan kita tidak akan mengalami kerugian karena akan mendapatkan untuk berupa pahala dan kebaikan lainnya yang berlipat ganda.

Mendatangkan syafa’at bagi yang membaca

Membaca Al Quran dapat mendatangakan syafaat, seperti yang dikatakan dalam suatu hadist:

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim)

Dalam hadist tersebut telah jelas bahwa dengan membaca Al Quran kita akan mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Untuk itu, membaca Al Quran adalah sesuatu yang dianjurkan dan tentu akan sangat bermanfaat jika dilakukan setiap hari.

Diangkat derajatnya

Selanjutnya, dengan membaca Al Quran, apalagi setiap hari dilakukan, seorang muslim akan diangkat derajatnya. Dikatakan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang – orang yang membaca Al Quran, mempelajari makna serta kandungannya, kemudian mengajarkannya dan mengamalkannya dikehidupan sehatri – hari.

Artinya, kita tentu tidak boleh hanya membacanya saja. Kita suda sepatutnya membaca Al Quran kemudian memahai maknanya dan mengamalkan apa yang terkandung di dalam Al Quran tersebut. Lebih baik lagi jika kita bisa mengajarkan atau membagi pengetahuan kita tersebut kepada sesama muslim.

Malaikat akan senang berkunjung

Malaikat akan senantiasa senang dan hadir ke rumah orang yang senang membaca Al Quran. Rumah yang dikunjungi oleh malaikat tentu akan terbuka pintu rezeki bagi penghuninya. Untuk itu, dengan membaca Al Quran setiap hari kita juga akan mendapatkan keutamaaan diantaranya adalah malaikat akan hadir di rumah kita.

Mendapatkan ketenangan Hati

Selanjutnya, keutamaan membaca Al Quran yang lain adalah kita akan mendapatkan ketenangan hati. Seperti diterangkan dalam surah Al-Isra ayat 82 bahwa Allah SWT menurunkan Al Quran untuk menjadi obat segala macam penyakit hati. itu artinya jiwa dan hati kita juga akan menjadi lebih tenang dengan membaca Al Quran.

Dengan membaca Al Quran juga sama atinya mendapat ketenangan hati karena telah beribadah dan mendekatkan diri Kepada Allah SWT.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

Demikian adalah beberapa keutamaan membaca Al Quran. Membaca Al Quran tentu saja dapat dilakukan kapanpun. lebih baik lagi jika dibaca setiap hari, sehingga semakin banyak pula pahala yang mungkin akan kita dapatkan.

Dengan membaca Al Quran kita akan mendapatkan banyak keutamaan lainnya seperti diangkat derajatnya, mendapat syafa’at atau pertolongan di hari kiamat, rumah dikunjungi oleh malaikat dan bahkan kita bisa mendapatkan ketenangan hati dengan membaca Al Quran. Untuk itu alangkah baiknya jika kita budayakan untuk membaca Al Quran terutama jika dilakukan setiap hari.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat