Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Gambaran surga dan neraka – Surga dan Neraka adalah satu hal yang pasti dalam agama Islam. Biasanya kita menghubungkan surga dengan suatu perbuatan baik atau amalan – amalan baik yang kita lakukan. Jika kita melakukan amalan atau hal baik, tentu kita akan mendapat balasan berupa surga.

Sebaliknya, ketika kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan tuntunan agama atau melakukan dosa, maka kita akan mendapatkan neraka sebagai balasannya. Lalu bagaimana sebenarnya gambaran antara keduanya?

Selama ini sudah banyak gambaran mengenai bagaimana surga dan bagaimana neraka. Untuk itu, banyak juga ilustrasi yang menggambarkannya. Namun, bagaimana sebenarnya gambaran surga dan neraka menurut Al Quran? Berikut akan dibahas mengenai gambaran surga dan neraka, berikut ulasannya!

Kenikmatan Surga

Digambarkan dalam berbagai hadist dan ayat – ayat Al Quran bahwa surga adalah tempat yang indah yang disiapkan bagi orang – orang yang beriman. Di dalam surga ini, digambarkan bahwa seseorang akan dapat menikmati berbagai kenikmatan yang bahkan tidak perlu diminta. Allah akan memberikan apapun yang diinginkan oleh orang tersebut.

Pintu – pintu Surga

Dikatakan bahwa surga memiliki delapan pintu yang berbeda – beda. Dan setiap pintu memiliki gambaran tersendiri. Seseorang akan masuk melalui pintu yang sesuai dengan amal perbuatanya semasa hidupnya.

surga

Tingkatan Surga

Dalam Al Quran Surat Toha ayat 75, dijelaskan bahwa barang siapa yang kepada-Nya dalam keadaan beriman dan telah mengerjakan amalan saleh, maka mereka itulah orang yang memperoleh tingkatan-tingkatan yang tinggi (mulia).

Ayat tersebut menunjukkan bahwa surga juga memiliki tingkatan – tingkatan. Dan yang akan menjadi penentu di tingkat mana seorang hamba berhak adalah atas perbuatannya atau amalnya semasa di dunia.

Selanjutnya, dalam suatu hadist riawayat Bukhari dijelaskan bahwa Surga itu memiliki 100 tingkatan, dipersiapkan oleh Allah untuk para Mujahid di jalan Allah. Jarak antara dua surga yang berdekatan sejauh jarak langit dan bumi. Dan jika kalian meminta kepada Allah, mintalah surga Firdaus karena itulah surga yang paling tengah dan paling tinggi yang di atasnya terdapat Arsy milik Ar–Rahman. Darinya pula (Firdaus) bercabang sungai-sungai surga.

Dari penjelasan diatas, sudah jelas bahwa surga terdiri dari tingkatan – tingkatan yang berbeda beda dan tingkaan terbaik adalah surga firdaus.

Makanan dan Minuman Penghuni Surga

Bagi penghuni surga akan diberikan makanan sesuai apa yang dinginkan oleh umat tersebut, sedangkan minumannya adalah air kafur yang merupakan mata air di dalam surga.

 

Kesengsaraan di Neraka

Setelah membicarakan mengenai keindahan surga, selanjutnya kita akan membahas mengenai kesengsaraan yang mungkin di dapatkan saat berada di Neraka. Neraka adalah tempat bagi orang –orang yang berdosa mendapatkan ganjarannya.

gambaran surga dan neraka

Neraka digambarkan sebagai suatu tempat yang memberikan siksaan bagi penghuninya. Di tempat ini, amalan – amalan buruk yang telah dilakukan akan diperlihatkan dan akan dibalas. Siksaan di dalam neraka tersebut akan berulang hingga dosa yang dilakukan telah bersih dari umat tersebut.

Pintu neraka dan panas neraka

Di dalam Al Quran digambarkan bahwa pintu neraka ada 7 macam yang merupakan pintu untuk masing – masing golongan orang yang berdosa. Di dalamnya juga terdapat siksaan yang berbeda – beda sesuai dengan dosa yang telah diperbuat oleh golongan tersebut.

Sedangkan panasnya api neraka digambarkan memiliki panas 70 kali lipat jika dibandingan dengan panasnya api yang ada di dunia. Seperti dalam hadist riwayat Bukhari Dan muslim yang menjelaskan bahwa Api kalian ini, yang dinyalakan oleh anak Adam, hanyalah satu bagian dari 70 bagian nyala api neraka Jahannam.

Makanan dan minuman penghuni neraka

Qur’an Surat Al Ghasiyan ayat 6 -7 menyatakan bahwa “Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” Hal ini menunjukkan bahwa penghuni neraka akan mendapatkan makanan berupa pohon berduri yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.

Sedangkan minumanya, penghuni neraka akan mendapatakan air nanah dan air mendidih yang akan memotong ususnya.

Baca Juga: Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari

Demikian adalah gambaran singkat mengenai surga dan neraka dalam Al Quran. Tentu kita harus berbuat sesuai dengan perintah Allah sehingga dihindarkan dari panasnya api neraka.

 

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat