Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Sedekah di waktu lapang dan sempit – Bersedekah berarti memberikan sesuatu bagi orang lain yang membutuhkan. Selama ini, sudah menjadi satu kebiasaan bahwa hanya orang – orang yang memiliki kelebihan terutama pada harta yang bisa melakukan sedekah.

Padahal sebenarnya, siapapun bisa bersedekah. Karena, bersedekah bukan hanya dengan harta, namun bisa dilakukan dengan yang lainnya seperti dengan mensedekahkan ilmu atau pengetahuan yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkannya.

Kita juga telah sering membahas mengenai kapan waktu yang paling utama dalam melakukan sedekah. Salah satunya adalah disaat lapang maupun sempit. Namun apa sebenarnya hikmah serta penjelasan dari sedekah di waktu lapang dan sempit? Berikut adalah ulasannya:

Sedekah di Waktu Lapang dan Sempit

Sedekah yang paling baik

Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa bersedekah adalah perbuatan yang memiliki keutamaan. Meskipun bersedekah dapat dilakukan kapanpun, namun ada beberapa waktu yang paling baik untuk dilakukan sedekah. Diantaranya adalah ketika kita masih sehat atau saat sedang kaya.

Bersedekah ketika masih sehat diharapkan dapat dilakukan karena dengan kondisi yang sehat kita akan lebih ikhlas dalam bersedekah. Sedangkan jika kita bersedekah ketika sakit, mungkin saja sedekah tersebut hanyalah suatu upaya yang bertujuan mengharap kesembuhan. Jadi, bukan murni untuk membantu orang lain dan mendapatkan ridho dari Allah.

Jadi, sedekah paling baik tentu saja ketika kita dalam keadaan yang sehat dan masih memiliki harta yang cukup. Dengan bersedekah, kita mungkin bisa menghindari sifat sombong dan boros. Sehingga rezeki yang kita dapatkan juga mungkin akan berlipat ganda.

Sedekah di waktu lapang

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bersedekah hendaknya ketika kita dalam kondisi sehat. Selanjutnya kita akan membahas mengenai sedekah di waktu lapang dan sempit. Bersedekah di waktu lapang adalah sama artinya dengan bersedekah saat kaya atau memiliki harta yang berlebih.

Dengan bersedekah ketika masih memiliki harta uang berlebih, tentu akan sangat berguna bagi orang lain. Tidak hanya itu, mungkin anda juga bisa membersihkan harta anda. karena tentu allah telah menitipkan bagian orang lain kepada anda. untuk memberikannya tentu anda harus mensedekahkan sebagian dari harta anda kepada orang lain.

Tentu untuk melakukan sedekah di waktu yang lapang bukanlah sesuatu yang sulit. Untuk itu, disarankan agar seseorang hendaknya melakukan sedekah di waktu lapang sehingga dapat bersedekah secara maksimal.

Sedekah di waktu sempit

Jika sebelumnya kita membahas mengenai sedekah di waktu lapang, bersedekah di waktu sempit juga dianjurkan. Yang dimaksud dengan sedekah di waktu sempit adalah melakukan sedekah ketika diri kita sendiri bukan dalam posisi yang berkecukupan atau berkelebihan.

Namun, seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan uang atau harta melainkan dengan cara lain misalnya mensedekahkan ilmu yang kita miliki. Dengan bersedekah saat keadaan kita sempit adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

Dengan bersedekah saat dalam keadaan sempit , tentu ini adalah salah satu bukti tentang keimanan kita. Meskipun dalam keadaan yang sempit, seseorang bersedekah akan mendapatkan imbalan atau ganjaran yang berlipat dari Allah SWT.

Hikmah sedekah di waktu lapang dan sempit

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa bersedekah adalah perbuatan yang sangat dianjurkan, baik dalam keadaaan lapang maupun sempit. Namun apakah hikmah yang bisa kita dapatkan dengan melakukan sedekah di waktu lapang dan sempit?

Allah sangat menyukai seseorang yang ketika dalam keadaan lapang dan memiliki banyak harta ia rajin dalam mensedekahkan hartanya. Dan meskipun orang tersebut tidak lagi kaya atau dalam keadaan yang sempit, hal tersebut tidak menghentikannya dari melakukan sedekah.

Oleh karena itu, Orang yang bersedekah dalam waktu lapang dan sempit adalah orang yang istimewa bagi Allah SWT. Karena dengan bersedekah akan menghilangkan sifat sombong yang kita miliki serta membuktikan keimanan yang kita miliki.

Baca Juga: Keutamaan Sedekah di Waktu Subuh yang Tidak Banyak Orang Tahu

Demikian adalah sedikit penjelasan mengenai sedekah di waktu lapang dan sempit yang menjadi anjuran bagi muslim. Dengan bersedekah baik di waktu lapang maupun sempit, seseorang akan menjadi istimewa bagi Allah SWT serta mendapatkan berbagai keutamaan serta hikmah tersendiri.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat