Call Center

031 - 99 787 999

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Kado Terindah Untuk Ibu Tangguh

Zakat di Jawa Timur – Anda pasti sudah mengetahui mengenai apa itu Zakat. Zakat merupakan suatu ibadah yang termasuk sebagai rukun islam ke empat. Yang artinya ibadah ini wajib dilakukan seorang muslim ketika seorang muslim telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan.

Namun, tidak sedikit dari umat muslim yang sering mengabaikan dalam hal membayar zakat. Dan tidak sedikit pula yang bahkan tidak mengetahui mengenai apa zakat itu.

Untuk itu, dalam artikel kali sebelum kita tahu zakat di jawa timur yang aman dan amanah kita juga akan membahas sedikit mengenai Zakat.

Taman Zakat merupakan Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat, yang didirikan dengan berlokasi di Surabaya Jawa Timur.

Jl. Surabaya Mojokerto KM 21
Perum Wisma Trosobo IV/33
Taman Sidoarjo 61257

Konsultasikan Zakat anda via WA Center DISINI


Jadi jika anda kebetulan warga Jawa Timur, anda bisa mampir ke kantor office kami. Dengan senang hati kami akan menyambut anda dengan suka cita.

Kami ingin mengajak semua orang khususnya warga Jawa Timur untuk ikut sumbangsih dalam mendonasikan infak/wakaf dan zakatnya untuk diberikan pada yang membutuhkan. Semoga ini menjadi ladang amal buat kita di akhirat kelak. amiin..

Yuk langsung saja kita bahas mengenai zakat, mulai dari pengertian hingga siapa saja yang boleh menerima zakat dan apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh pemberi zakat dan penerima zakat.

Pengertian dan Syarat Zakat

Sebelum lebih lanjut, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentanta apa itu zakat serta apa saja syaratnya.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai pengertian zakat disertai dengan penjelasan mengenai syarat penerima zakat dan syarat pemberi zakat. Tentunya ini bisa membantu anda dalam menunaikan zakat di jawa timur melalui tamanzakat.org (lembaga amil zakat yang terpercaya)

Pengertian Zakat

Pertama, mari kita pelajari lebih lanjut mengenai pengertian zakat itu sendiri. zakat menurut bahasa adalah bersih, suci, subur, berkat dan berkembang.

Dari pengertian tersebut, maka banyak yang mengatakan bahwa zakat adalah kewajiban yang dilaksanakan dengan tujuan membersihkan atau mensucikan harta yang dimiliki.

Sedangkan menurut istilah, zakat merupakan harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam kemudian diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Dalam hal ini orang yang berhak menerimanya juga telah ditetapkan dalam islam.

Menurut dua pengertian tersebut sebenarnya bisa kita tarik kesimpulan bahwa zakat merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh orang muslim yang telah memenuhi syaratnya dalam rangka mencari keridloan allah dan mensucikan harta yang telah dimiliki.

Jika anda masih kurang faham tentang pengertian yang kami paparkan. anda bisa menghubingi kontak tamanzakat.org.

Bagi warga Jawa Timur anda juga bisa datang langsung ke kantor office dari taman zakat untuk berkonsultasi secara langsung mengenai zakat secara mendalam. Anda juga bisa mengetahui zakat di Jawa Timur yang benar-benar aman terpercaya sehingga anda tidak ragu lagi dalam melakukan zakat, terlebih secara online.

Syarat Zakat

Selanjutnya, setelah kita membahas mengenai zakat, kita juga perlu mengetahui apa itu syarat – syarat zakat. Syarat zakat tentu saja harus dipenuhi oleh penerima serta pemebri zakat. Berikut adalah penjelasnya.

Syarat Penerima Zakat

Selanjutnya, penerima zakat akan kita bahas secara singkat. Ada beberapa golongan penerima zakat, diantaranya adalah:

1. Fakir

Ialah orang-orang yang memiliki harta namun sangat sedikit

2. Miskin

Merupakan orang-orang yang memiliki harta namun juga sangat sedikit dan penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari – hari saja.

3. Amil

Mereka adalah orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat serta menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.

4. Mu’allaf

Hal ini bertujuan agar orang-orang yang baru masuk islam semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya, Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai rasulNya.

5. Memerdekakan Budak

Orang – orang yang memerdekakan atau menebus budak juga berhak mendapatkan zakat.

6. Gharim (Orang yang Memiliki Hutang)

Bagi orang orang yang berhutang demi memenuhi kebutuhan sehari – harinya juga berhak mendapatkan zakat. Namun orang yang berhutang dalam hal kemaksiatan tentu tidak berhak mendapatkan zakat.

7. Sabilillah

Maksudnya adalah apapun maupun siapapun yang berjuang dijalan Allah. Orang atau lembaga atau kegiatan yang bertujuan kebaikan contohnya, pengembang pendidikan, kesehatan, dakwah, panti asuhan, madrasah diniyah dan kegiatan yang bermanfaat lainnya.

8. Ibnu Sabil

Yaitu musaffir atau orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh diantaranya adalah pekerja dan pelajar di tanah perantauan.


Zakat di Jawa Timur?  Ya di Taman Zakat!

Konsultasikan Zakat anda via WA Center DISINI


 

Syarat Pemberi Zakat

Selanjutnya adalah syarat bagi pemberi zakat, diantaranya adalah :

1. Islam

2. Merdeka

3. Hartanya memenuhi nisab

4. Berakal dan baligh

Keutamaan Berzakat

Setelah memahami apa itu zakat, bagaimana syaratnya dan siapa saja golongan penerima zakat, berikut kita akan membahas mengenai keutamaan dalam berzakat.

Sesuai dengan artinya, yaitu bersih dan suci maka kita juga bisa mengatakan bahwa keutamaan dalam berzakat adalah kita bisa mensucikan harta yang kita miliki.

Dengan menysihkan sedikit harta dan menzakatkannya kepada orang yang lebih membutuhkan maka hidup kita juga akan menjadi lebih tenang dan kita akan mendapat ridho dari Allah SWT.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai zakat yang perlu kita ketahui. Kini anda juga sudah tahu dimana Lembaga Amil Zakat yang terpercaya untuk zakat di Jawa Timur secara online.

Semoga informasi ini bisa membantu anda dan mempermudah anda dalam menunaikan Zakat.

 

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat

Name - City
Sudah Product Time