Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Pengaruh gadget terhadap anak – Zaman memang sudah berubah, dengan semakin majunya ilmu pengetahuan, tentu saja semakin maju pula tehnologi yang bisa digunakan oleh manusia. Semakin maju tehnologi, semakin mudah pula kehidupan manusia. Namun, dengan kemudahan yang ada, semakin bertambah pula hambatan serta sisi baik dan sisi buruk maupun dampak yang diberikan oleh kemajuan tehnologi.

Sebagai contoh, dengan majunya tehnologi saat ini, telah muncul adanya Gadget. Gadget adalah adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang memiliki arti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Gadget yang paling kita kenal adalah Smart Phone dan Laptop.

Seperti yang kita tahu bahwa Smartphone adalah salah satu perangkat gadget yang paling digandrungi oleh berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan gadget memiliki fungsi yang beragam sehingga dapat sangat memudahkan kita dalam berbagai kebutuhan.

Bukan hanya orang dewasa, saat ini bahkan anak – anak, dari usia yang sangat kecil juga sudah sangat mengenal gadget. Mereka sudah terbiasa bermain dengan gadget dalam kehidupan sehari – harinya. Namun apakah baik – baik saja jika mereka terlalu sering bermain dengan gadget, berikut adalah ulasan mengenai pengaruh gadget terhadap anak.

Dampak positif gadget bagi anak

Setiap hal pasti memiliki sisi baik dan buruk. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai dampak positif gadget bagi anak. Seperti yang sering dibicarakan oleh masyarakat luas, bahwa sudah pasti akan memberikan dampak yang buruk, namun berikut kita akan membahas dampak positif gadget bagi anak.

  • Mengenalkan tehnologi sejak dini

Dengan mengenalkan gadget kepada anak sejak dini, sebenarnya kita juga mengenalkan kepada anak bahwa tehnologi adalah salah satu karunia Allah yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Dengan adanya tehnologi lebih banyak kemudahan yang bisa didapatkan oleh seseorang.

  • Anak lebih bisa berpikiran terbuka

Dengan mengenalkan gadget yang pada dasarnya adalah suatu budaya yang baru, maka anak juga akan bisa berpikir lebih terbuka. Kita bisa mengenalkan pada anak bahwa gadget juga sesuatu yang berasal dari Allah yang tentu saja akan bermanfaat bagi kehidupan kita baik dari sisi kemasyarakatan, pendidikan dan bahkan Agama. Dengan begitu anak akan lebih mengerti bahwa segala sesuatu harus diterima dengan pikiran yang lebih terbuka.

  • Lebih mudah mendapatkan informasi

Selanjutnya dengan gadget sebenarnya kita bisa mengajarkan anak untuk mencari segala macam informasi berguna. Namun tentu saja kita harus mengawasinya karena mungkin saja mereka justru tidak sengaja mendapatkan informasi yang salah. Dengan memperhatikan penggunaan maka kita juga bisa mengontrol pengaruh gadget terhadap anak.

Dampak negatif gadget bagi anak

Selanjutnya, selain dampak positif, tentu gadget juga memiliki dampak negative bagi anak. Sudah sangat sering kita dengar bahwa gadget menyebabkan beberapa masalah bagi anak, seperti berikut:

  • Ketagihan

Bukan hanya anak, sebenarnya setiap orang yang sudah mengenal gadget sepertinya juga akan ketagihan untuk menggunakannya. Bahkan kita mungkin tidak bisa lepas dari gadget walau hanya semenit. Hal ini juga menyebabkan dampak yang cukup buruk bagi anak. Mereka mungkin akan ketagihan dan sulit lepas dari gadget yang nantinya akan berpengaruh pada kehidupan sosial maupun spiritual mereka.

  • Anti sosial

Dengan terlalu sering bermain gadget, maka anak juga akan tumbuh menjadi anak yang anti sosial. Mereka akan lebih asyik bermain dengan gadget mereka dibanding berbincang dengan orang lain secara nyata. Bahkan banyak diantara anak – anak yang tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain dan hanya terpaku pada gadget mereka.

  • Berdampak pada kesehatan

Beberapa penetilian menunjukkan bahwa terlalu banyak menggunakan gadget akan berdampak pada kesehatan tubuh serta mata. Terutama pada mata, saat terlalu lama menatap layar gadget, maka mata juga akan terasa lelah dan menimbulkan permasalahan lainnya.

Cara mengalihkan anak dari gadget

Untuk menanggulangi dampak negative pada anak, kita tentu harus melakukan beberapa tindakan yang mungkin, seperti berikut:

  • Jauhkan gadget dari anak dan diri sendiri

Sebenarnya, secara tidak langsung kita juga telah mengajarkan anak untuk berteman dengan gadget. Saat dirumah pun orang tua terlalu sering dan tidak bisa meletakkan gadgetnya.  Untuk itu, ita juga harus memulai dari diri sendiri. jauhkan gadget dari diri kita.

  • Luangkan waktu bermain dengan anak

Jika anda sudah di rumah, sebisa mungkin anda bermain dengan anak anda. tentu saja anda harus bermain dengan aktivitas yang jauh dari gadget. Anda bisa bermain bola, membaca buku bersama, menggambar atau aktivitas menyenangkan lain yang jaug dari gadget.

Baca Juga: Pentingnya mendidik anak sejak dalam kandungan

Demikian adalah beberapa penjelasan mengenai pengaruh gadget terhadap anak. Sebenarnya segalanya memang berawal dari orang tua. Untuk itu, sebisa mungkin kita harus memperbaiki diri terlebih dahulu untuk kepentingan anak kita.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat