Milad ke-3, Pemprov Jatim Berharap LAZ Taman Zakat Bisa Angkat Ekonomi Masyarakat

Lembaga Amil Zakat (LAZ) ‘Taman Zakat’ menggelar Milad yang ke 3. Dalam kegiatan ‘Munajat bareng Yatim’ yang digelar secara daring, Rabu (29/12/2021), Pemprov Jawa Timur berharap LAZ Taman Zakat bisa turut serta mengangkat ekonomi masyarakat Jatim.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jatim Gatot Subroto yang diutus menggantikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam menyampaikan sambutannya.

Dalam Milad ke-3 ini LAZ Taman Zakat menggelar kegiatan Munajat bareng Yatim yang menggelat istigotsah dan doa khusus dari dan untuk anak yatim. Dalam kegiatan itu LAZ Taman Zakat mengundang KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab dipanggil Aa Gym dalam menyampaikan tausiyahnya.

Gatot Subroto, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dedikasi dan perjuangan Taman Zakat Indonesia dalam mengelolah zakat dari masyarakat untuk masyarakat. “Kami ucapkan terima kasih kepada Taman Zakat yang menjadi lembaga zakat yang terpercaya dalam mengemban amanah untuk mencintai sesama manusia serta nilai kemanusiaan,” ujar Gatot.

Menjadi LAZ, ia melanjutkan Taman Zakat menyumbangkan waktu, dana yang terkumpul dan tenaganya untuk menolong masyarakat melalui pengembangan pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. “Sebagaimana visinya, Taman Zakat Indonesia sebagai Lembaga Filantropi Nasional terpercaya dalam pengembangan pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Gatot Subroto juga memaparkan bahwa zakat memiliki potensi strategi yang layak dikembangkan menjadi salah satu instrumen pemerataan pendapatan di Indonesia. Sehingga diharapkan bisa mempengaruhi aktivitas ekonomi nasional khususnya pemuatan pemberdayaan ekonomi umat.

Dana zakat yang terkumpul melalui lembaga amil zakat dapat diwujudukan dalam bentuk pemberian keterampilan dan modal untuk diberikan kepada mustahiq setelah kebutuhan pokok terpenuhi.“Selanjutnya, melalui modal yang diberikan tersebut akan tercipta suatu kegiatan usaha semacam home industri untuk mengangkat keluarga tersebut serta menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya,” terangnya.

General Manajer LAZ Taman Zakat Ziyad dalam sambutannya juga menyampaikan kesiapannya untuk bersinergi dan kolaborasi dengan Pemprov Jatim dalam membantu masyarakat yang kurang beruntung di Jatim.

Ziyad kemudian bercerita, meskipun LAZ Taman Zakat baru berusia 3 tahun, namun sudah dikukuhkan menjadi Lembaga Amil Zakat Provinsi dari Kemenag. “Alhamdulillah, oleh Kemenag Pusat, kami sudah dikukuhkan menjadi LAZ Propinsi. Syarat-syarat yang harus dipenuhi rigid. Tapi alhamdulillah kami bisa memenuhinya,” ujarnya.

Ziyad berterima kasih kepada masyarakat yang mempercayakan Taman Zakat dalam menyalurkan donasi ke masyarakat Jatim. Selain program beasiswa untuk Yatim, pemberdayaan ekonomi masyarakat, Ziyad menjelaskan bahwa Taman Zakat juga aktif dalam kegiatan membantu masyarakat yang tertimpa bencana.

“Yang terbaru di bencana Erupsi Semeru, selain menyalurkan bantuan kebutuhan keseharian warga terdampak, kami juga berkomitmen mendikan Huntara, Hunian sementara, bangunan semi permanen. Program ini kerjasama dengan Pemkab Lumajang. Kami sudah ngobrol dengan Pak Thoriq,” ujar Ziyad menceritakan koordinasinya dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Ke depan, Ziyad berharap semakin banyak menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan yang kemudian mengangkatnya menjadi masyarakat yang lebih berdaya. “Tahun depan, kami berharap bisa menyalurkan ke 200 ribu penerima manfaat di seluruh Indonesia, khususnya di Jawa Timur,” pungkas Ziyad

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *