Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Menjadi Kaya dengan Sedekah

Menjadi kaya dengan sedekah – Telah kita bahas sebelumnya mengenai sedekah. Sedekah merupakan memberikan sesuatu berupa harta maupun non harta bagi orang lain yang membutuhkan. Sebenarnya sedekah tentu saja bukan menggunakan uang saja, kita bisa mensedekahkan ilmu yang telah kita miliki untuk kehidupan orang lain yang lebih baik.

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa dengan bersedekah justru akan membuat uang yang kita miliki berkurang, yang berarti kita tidak bisa mendapatkan lebih banyak uang. Hal itu juga sering dijadikan alasan bahwa bersedekah akan mencegah seseorang menjadi lebih kaya.Lalu bagaimana sebenarnya pandangan isla mengenai sedekah dan kekayaan? Berikut adalah ulasannya:

Sedekah Jariyah merupakan Kekayaan Sejati

Dalam sabdanya, Rasulullah SAW ,” jika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara(yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, do’a anak sholeh” (HR.Muslim no.1631).

Dari sabda nabi SAW tersebut, dapat diketahui dengan jelas, bahwa dengan bersedekah, maka bukan hanya hidup kita di dunia saja yang akan menjadi bahagia, bahkan dengan bersedekah akan memberikan kita ketenangan dan amalan yang tidak putus meskipun kita telah meninggal.

Dalam hadist tersebut telah ditegaskan bahwa salah satu indikator kekayaan manusia yang sejati adalah dengan melakukan amal jariyah. Untuk itu, kita juga harus meyakini bahwa dengan melakukan sedekah jariyah, maka di hari akhir kelak kita akan memiliki persiapan.

Rumus Matematika Sedekah

Yang satu ini tentu sudah sering anda dengar bukan? Menjadi kaya dengan sedekah dengan pedoman rumus matematika sedekah. Apa yang dimaksud dengan rumus matematika sedekah? Berikut adalah firman Allah yang bisa anda gunakan sebagai salah satu dasar adanya rumus matematika sedekah:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeuluarkan oleh) orang – orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dalam tiap – tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dikehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” (QS. Al-Baqarah ayat 261)

Dari ayat tersebut dapat kita pahami bahwa Allah SWT telah menjanjikan bagi siapa saja yang mau bersedekah jariyah. Dalam ayat tersebut telah dijelaskan bahwa dengan sebutir biji yang berarti sedekah jariyah yang kita lakukan, meskipun hanya sedikit akan mendatangkan lebih banyak rezeki berlipat ganda dari apa yang telah kita sedekahkan.

Inilah yang sering dikatakan sebagai rumus matematika sedekah. Banyak ulama yang menyatakan bahwa dengan bersedekah Allah akan menggantikannya dengan lebih banyak atau berliat ganda dibanding apa yang telah kita keluarkan.

Itu artinya, semakin sering kita bersedekah dengan hati yang ikhlas, maka kita juga akan mendapatkan ganti yang lebih sesuai dengan janji Allah seperti pada ayat yang telah kita pelajari diatas.

Bisnis tidak akan rugi hanya karena sedekah

Selanjutnya, memang banyak orang yang mengatakan bahwa melakukan sedekah bisa mengurangi harta yang mereka miliki. Bahkan bagi para pengusaha sering mengatakan bahwa dengan bersedekah usaha dan bisnis mereka pasti akan rugi, karena mereka mencari uang dengan susah payah namun diberikan kepada orang begitu saja.

Allah berfirman dalam Qur’an Surat Fathir ayat 29-30, “sesungguhnya orang – orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan Shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam – diam dan terang – terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunian-Nya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha mensyukuri.”

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa infaq dan sedekah adalah salah satu hal yang akan mendatangkan pahala serta rezeki dan karunia yang berlimpah bagi kita. Maka bisnis kita tentu tidak akan merugi hanya karena sedikit dari harta kita kita berikan. Justru allah akan menggantikannya dengan pahala dan karunia yang lebih kepada kita.

Baca Juga: Apa Perbedaan Infaq Dan Sedekah?

Demikian adalah beberapa alasan yang menyatakan bahwa kita bisa menjadi kaya dengan sedekah. Jadi, alangkah baikknya jika kita memiliki harta yang berlebih, maka sebagian harta tersebut kita sedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Karena sesungguhnya hal itu akan mendatangkan banyak manfaat bagi diri kita sendiri serta bagi orang lain

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat