Call Center

031 - 99 787 999

Email

[email protected]

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim – Hai teman-teman budiman.. dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering menjumpai anak yatim. Merekalah anak-anak istimewa yang wajib kita santuni.

Bagi yang masih awam dengan kata yatim, kata “yatim” merupakan bahasa Arab yang artinya anak kecil yang tidak mempunyai ayah karena meninggal. Oleh karena itu, Islam mengajarkan agar kita selalu bersimpati terhadap anak yatim. Karena siapa saja yang berbagi rizki dengan anak-anak yatim maka mereka akan memperoleh kebajikan dan beberapa keutamaan.

keutamaan menyantuni anak yatim

Berikut beberapa keutamaan menyantuni anak yatim yang wajib anda ketahui terlebih untuk seorang muslim:

Di sisi Rasulullah di surga

Seorang Muslim pasti mendambakan bisa dekat dengan rasulullah di surga kelak. Oleh karena itu hendaklah menyantuni anak-anak yatim. Kedekatan antara orang-orang yang bersimpati terhadap anak yatim dan muhammad rasulullah SAW diibaratkan seperti jari tengah dan jari telunjuk.

Rasulullah  bersabda: “Saya dan orang-orang yang menyantuni anak yatim (posisi) di surga seperti ini” kemudian beliau mengisyaratkan jari tengah dan jari telunjuk beliau, dan sedikit merenggangkan keduanya ” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304)

Melunakkan kerasnya hati

Keutamaan menyantuni anak yatim bisa melunakkan hati seorang muslim. Kasih sayang yang ia berikan kepada anak-anak yatim akan memudarkan sifat-sifat buruk seperti kikir, iri, dengki, dan dusta.

Selain itu, Allah juga menjamin semua kebutuhan hidup bagi seorang muslim yang menyantuni anak yatim, karena secara tidak langsung telah menjadi sosok orang tua dari anak-anak ini. Oleh karena itu, mereka yang mengasihi anak yatim tidak akan kekurangan materi sebab melalui dirinya lah Allah memberi kan pula rizki untuk orang-orang yang membutuhkan.

Dapat perlindungan dari Allah pada hari akhir

Keutamaan menyantuni anak yatim selanjutnya, Allah mengasihi hamba-hambanya yang menyantuni anak yatim. Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa Allah tidak akan meng-azab mereka yang menyantuni, lembut tutur katanya dan berlaku ramah terhadap anak yatim.

Seorang Muslim yang bersimpati dan menyantuni anak yatim kelak di hari akhir akan memperoleh perlindungan dari Allah. perbuatan baiknya selama di dunia dapat menjauhkan diri dari siksaan api neraka.

Menyantuni anak yatim dapat membersihkan jiwa

Selama kita hidup di dunia, tidak dapat dipungkiri jiwa kita sering terdorong untuk berbuat hal tercela, misalnya terlalu cinta di dunia, sehingga menimbulkan sifat kikir dan enggan untuk berbagi dengan orang lain.

Allah sangat membenci kepada orang-orang yang suka menimbun harta dan membiarkan tetangganya dalam kelaparan. Oleh sebab itu, seorang muslim di anjurkan untuk berbagi terlebih kepada anak yatim sehingga jiwanya terhindar dari keserakahan. Mengasihi anak yatim menjadikan orang rendah hati dan mulia, baik di hadapan Allah dan manusia.

Memperbaiki urusan dunia dan akhirat

Seorang Muslim yang mencintai semua orang di bumi pasti akan dicintai oleh yang dilangit. Allah menjanjikan kehidupan yang layak, baik di dunia ini dan di akhirat bagi mereka yang saling mengasihi terhadap sesamanya. Oleh sebab itu, kita tidak perlu ragu lagi untuk berbagi dengan orang lain sebab Allah tidak akan membiarkan kita yang baik terjebak dalam kesulitan.

Inilah beberapa keutamaan menyantuni anak yatim. Mengasihi anak yatim, bersimpati dan cinta anak yatim merupakan salah satu perbuatan yang sangat dicintainya Allah.

Barang siapa menyisihkan harta dan berbuat baik kepada anak yatim selama hidupnya maka Allah akan memberikan tempat terbaik baginya di akhirat serta memuliakannya ketika masih hidup di dunia.

Baca Juga: Muharram Berseri di wajah anak-anak Yatim

Di era serba online ini banyak cara yang memudahkan kita dalam berzakat, salah satunya anda bisa melakukan zakat di lembaga filantropi terpercaya Taman Zakat.

Dengan mengakses situs tamanzakat.com anda bisa melihat program-program kami salah satunya program menyantuni anak yatim. Anda juga bisa langsung kontak kami melalui kontak yang tersedia.

Yuk mari kita sama-sama ikut peduli terhadap anak-anak yatim yang membutuhkan uluran tangan kita.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat