Call Center

031 - 99 787 999

Email

mail@tamanzakat.org

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Cara mengatur keuangan keluarga – Uang adalah salah satu hal penting bagi kehidupan manusia. Meskipun uang bukanlah segalanya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa uang memang memegang peranan penting bagi kehidupan sehari – hari kita.  Bagaimana tidak, untuk makan saja kita perlu membeli beras dan kita membutuhkan uang untuk membelinya.

Mendapatkan uang bukanlah perkara yang mudah. Kita harus benar – benar bekerja dengan sungguh – sungguh untuk mendapatkan uang. Namun, dengan semakin berkembangnya zaman, tentu kebutuhan kita juga semakin tinggi.

Masalah sesungguhnya adalah ketika kita kurang bisa mengatur uang kita sendiri. terutama bagi seorang yang telah berkeluarga, mengatur masalah keuangan bukanlah sesuatu yang mudah. Karena bagi suatu keluarga tentu akan sangat banyk kebutuhan yang perlu dipertimbangkan.

Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan baik. berikut ulasannya.

Kalkuasi pendapatan

Hal pertama yang perlu anda lakukan tentu saja adalah mengkalkukasi pendapatan anda dan juga keluarga. Jumlahkan seluruh pendapatan yang mungkin bisa didapatkan dalam satu bulan. Mulai dari pendapatan utama hingga pendapatan tamabahan yang juga anda terima secara tetap.

Dengan mengkalkulasikan keseluruhan pendapatan dalam satu bulan, maka anda akan lebih mudah untuk mengalokasikan uang anda pada kebutuhan  – kebutuhan rumah tangga anda yang paling utama. Serta anda akan tahu berapa besaran uang yang bisa dialokasikan untuk tiap – tiap kebutuhan.

Anggarkan kebutuhan utama

Setelah mengkalkulasi maka anda perlu memilih dan memilah kebutuhan anda yang paling utama. Anggarkan pendapatan anda dan masukkan pada kebutuhan – kebutuhan yang benar – benar penting dan tidak bisa dihindari.

Jangan menggunakan uang anda untuk sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan seperti anggaran liburan dan semacamnya kecuali jika anda memang memiliki kelebihan pendapatan.

Siapkan dana cadangan

Sebelum mengalokasikan dana pada masing – masing kebutuhan anda, sebaiknya anda juga telah memikirkan mengenai dana cadangan. Ambil sebagian dana untuk disimpan sebagai dana cadangan. Dana cadangan ini akan bisa anda gunakan ketika anda benar – benar membutuhkannya untuk kebutuhan yang mendadak.

Misalnya ada anggota keluarga yang mendadak sakit dan butuh dirawat di rumah sakit, maka anda bisa menggunakan dana cadangan ini.

Menabung

Selain mengambil sebagian pendapatan anda untuk dana cadangan, anda juga harus bisa menabung. Artinya anda harus mengambil dulu sebagian uang anda untuk ditabung. Tabungan ini tentu tidak bisa anda ambil seenaknya.

Tentukan tujuan anda untuk menabung. Misalnya anda menabung untuk merenovasi rumah. Itu artinya anda harus menyisihkan pendapatan bulanan anda untuk ditabung. Kecuali tabungan anda telah cukup baru uang tersebut bisa anda ambil dan gunakan untuk memenuhi tujuan anda.

Batasi jajan diluar

Setiap orang pasti senang membeli makanan di luar. Mungkin sebagian besar orang akan mengatakan bahwa dirinya suda terlalu lelah untuk memasak ketika pulang dari bekerja. Hal ini memang dapat dimaklumi.

Namun anda bisa saja memasak di pagi hari sehingga ketika anda pulang anda hanya tinggal menghangatkannya. Dengan terbiasa memasak sendiri dan makan dirumah, maka pengeluaran anda juga akan lebih kecil.

Meskipun begitu anda masih bisa melakukan jajan diluar sesekali. Anda bisa mengadakan acara makan di luar bersama keluarga anda sesekali untuk merayakan suatu hari yang istimewa. Namun anda harus ingat untuk tidak melakukannya terlalu sering.

Belanja dengan cermat

Berbelanja memang salah satu kebutuhan bagi setiap orang. Masalahnya adalah apakah barang yang dibeli tersebut adalah barang yang penting atau barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Anda harus benar – benar bisa memilih mana barang yang memang menjadi kebutuhan anda dan mana barang yang tidak anda perlukan.

Anda juga sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan untuk berbelanja online. Melalui kemudahan berbelanja online, banyak dari kita yang secara tidak sadar ketagihan untuk berbelanja.dengan mengurangi kebiasaan tersebut maka pengeluaran kita juga akan lebih terjaga.

Baca Juga: Ciri-ciri Wanita Baik Menurut Islam

Demikian adalah beberapa hal penting yang harus anda perhatikan mengenai cara mengatur keuangan keluarga yang baik. Anda tentu mengerti kebutuhan apa saja yang paling diperlukan dalam keluarga anda. untuk itu anda harus benar-benar berhati-hati dalam menggunakan uang anda.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat