Berkostum Spiderman, Taman Zakat Beri Santunan untuk Korban Banjir Malang

Lembaga Amil Zakat Taman Zakat punya cara unik menyalurkan bantuan untuk korban terdampak banjir di Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang. Relawan Taman Zakat mengganti kostumnya ala Spiderman Kamis, 20 Oktober 2022.

Menurut Manager Program Rohadi, hal itu dilakukan dalam rangka untuk menghibur warga yang ada di Desa Sitiarjo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang yang beberapa hari lalu terendam banjir.

“Jadi saat menyalurkan bantuan, ada salah satu relawan kita yang berkostum spiderman. Sekalian menghibur warga terdampak, sangat dibutuhkan. Kadang hal kecil justru membahagiakan,” ujarnya.

Menurut Rohadi, aksi Relawan Taman Zakat itu disambut positif warga. Beberapa anak yang ditemui juga memanggil-manggil, “Ada spiderman,” kata Rohadi menirukan.

Menurut Rohadi, hal yang paling dibutuhkan untuk korban bencana di manapun adalah bantuan dan dukungan untuk kembali bangkit.

Selain, memberikan bantuan makanan siap saji, Rohadi menyampaikan, Taman Zakat juga membantu membersihkan beberapa rumah warga dan SDN 4 Sitiarjo Kabupaten Malang.

Tak hanya itu, Relawan Taman Zakat juga melakukan implementasi hygiens kit dan paket pangan juga mengikuti apel bersama relawan dan instansi.

“Kami juga melakukan assesment kebutuhan lapangan dan data terdampak, juga koordinasi bareng posko relawan,” jelasnya.

Pitanyo, salah satu warga terdampak menjelaskan kondisi saat terjadinya banjir.

“Rumah saya terendam hingga se atap rumah, banyak ijazah dan surat berharga terendam banjir. Kehadiran para relawan, termasuk Taman Zakat menyemangati kami, terima kasih,” ujarnya.

Ziyad, General Manajer Taman Zakat berjanji akan mensiagakan relawannya atas ancaman bencana yang terjadj di Jawa Timur.

“Aksi ini merupakan bentuk dari kepedulian atas musibah yg menimpa saudara kita di kawasan selatan jatim, khususnya daerah Kaupaten Malang. InsyaAllah Taman Zakat akan selalu siaga membantu masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat agar terus waspada dan menyiapkan diri terkait dengan kemungkinan bencana yang datang sewaktu-waktu.

“Semoga kehadiran tim Taman Zakat dan juga relawan bisa membantu mengurangi beban atas musibah banjir yg melanda. Taman Zakat berkomitmen untuk mengalirkan kebaikan serta kebahagiaan kepada seluruh masyarakat,” harapnya.

Ziyad kemudian mengajak masyarakat untuk ikut membantu warga terdampak bencana dengan cara mendonasikan ke lembaga melalui Taman Zakat.

“Problem masyarakat, tanggung jawab kita bersama juga,” ujar Ziyad. {}