Call Center

031 - 99 787 999

Jam Layanan

Senin - Sabtu: 8 AM - 4 PM

Bayar Zakat Online – Online adalah salah satu kata yang saat ini semakin sering terdengar gaungnya. Dengan berkembangnya internet serta ilmu pengetahuan, semakin berkembang pula peradaban manusia. Salah satunya adalah dengan adanya internet yang semakin memudahkan setiap kegiatan manusia.

Kita dapat melakukan segala sesuatu secara online shingga kita tidak perlu lagi takut terhalang kesibukan. Salah satunya adalah membayar zakat. Seperti yang kita telah ketahui bahwa membayar zakat merupakan sesuatu yang penting bagi umat muslim, terutama bagi mereka yang mampu.

Banyak diantara kita yang berdalih kesulitan atau lupa untuk membayar zakat karena kita terlalu sibuk. Maka itu seharusnya tidak lagi mejadi satu alasan. Karena saat ini kita bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Apalagi saat ini seluruh bank telah memiliki fasilitas I – banking.

Bayar Zakat Online

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai bayar zakat online. Berikut adalah ulasannya!

Zakat Online

Zakat online dapat diartikan sebagai suatu proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui bantuan sistem digital atau online, di mana pemberi zakat (muzaki) tidak perlu bertemu  secara langsung dengan amil zakat dalam melakukan pembayaran zakat.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini, manusia bisa melakukan segalanya melalui metode onlin. Dan metode pembayaran zakat online ini muncul sebagai suatu bentuk adaptasi pada perkembangan zaman yang saat ini sebagian besar berbasis pada internet atau online.

Pembayaran zakat melalui metode ini dianggap lebih sederhana dan memudahkan banyak orang. Karena, tanpa anda harus mencari waktu diantara kesibukan anda telah bisa membayar zakat. Anda juga bisa menghindari terjadinya lupa saat waktu untuk membayar zakat telah tiba.

Hukum membayar zakat online

Selanjutnya kita juga perlu membahas mengenai hukum membayar zakat  online. Karena seperti yang telah diketahui bahwa memayar zakat secara online berarti tidak bertemu secara langsung dengan si penerima zakat atau amil zakat. Lalu bagaimana menurut islam? Apakah hal semacam ini diperbolehkan dan sah? Berikut adalah penjelasannya.

Sebagian ulama menyaakan bahwa membayar zakat secara online adalah diperbolehkan. menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, beliau berpendapat bahwa, “Seorang pemberi zakat nir wajib menyatakan secara eksplisit pada mustahik bahwa dana yg ia berikan adalah berzakat.”

Berdasarkan opini diatas,dapat kita tarik kesimpulan jika seorang  tanpa menyatakan pada penerima zakat bahwa uang yang ia serahkan merupakan zakat, maka zakat yang dikeluarkan tersebut permanen sah, seseorang bisa menyerahkan atau berzakat secara online kepada forum amil zakat yang terpercaya.

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa membayar zakat secara online bukanlah sesuatu yang dilarang. Namun, satu hal yang harus anda pehatikan adalah setelah melakukan zakat jangan lupa untuk melakukan konfirmasi ke lembaga amil zakat disertai dengan konfirmasi secara tertulis dalam bentuk pernyataan.

Dengan melakukan konfirmasi maka uang zakat yang dikiri  ke rekening zakat secara khusus akan memudahkan amil (lembaga amil zakat ) dalam mendistribusikan harta zakat dari muzzaki kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Keuntungan bayar zakat online di Taman Zakat

Selanjutnya mari kita bahas lebih lanjut mengenai keuntungan bayar Zakat Online di Taman Zakat. Keuntungan pertama yang bisa kita dapatkan tentu saja adalah kita lebih menghemat waktu karena anda mungkin tidak perlu peril ke kantor lembaga amil atau mendatangi penerima zakat secara langsung.

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan adalah nda mungkin akan terhindar dari lupa membayar. Seperti yang kita tahu bahwa kita akan dapat dengan mudah membayar zakat secara online melalui internet dari manapun dan kapanpun. Itu berarti meskipun kita sedang sangat sibuk kita bisa meluangkan waktu sedikit untuk melakukan transaksi zakat online tersebut.

Ketiga, dengan bayar zakat online di Taman Zakat, sudah pasti akan disalurkan pada orang yang benar – benar membutuhkan. karena kami Lembaga Amil Zakat yang telah terdaftar dalam daftar LAZ di Indonesia sehingga sudah pasti kami mempunyai bank data siapa saja yang berhak menerima zakat dari Anda.

Baca Juga: Pengertian Zakat dan Macam-Macam Zakat

Demikian adalah penjelasan mengenai bayar zakat online di Taman Zakat. Dapat kita ketahui melalui penjelasan diatas bahwa bayar zakat online akan mempermudah seseorang dan hukumnya adalah sah. Satu hal yang perlu anda ingat adalah untuk selalu melakukan konfirmasi setelah membayar zakat online.

TAZA

Lembaga Filantropi Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan Dana Kemanusian untuk kebaikan ummat.

Berita Menarik Lain :

Follow us @ TamanZakat

Name - City
Sudah Product Time