Bahagiakan Yatim di Bulan Muharram dan Jelang HUT RI, Taman Zakat Ajak Belanja di Supermarket

SIDOARJO- Berharap bisa membahagiakan para yatim di Bulan Muharram, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat mengajak belasan anak Yatim berbelanja ke supermarket, mempersilakan mengambil apa yang diperlukan, Rabu 10 Agustus 2022.

Manager Program Taman Zakat Rohadi menjelaskan bahwa bulan Muharram adalah bulan yang istimewa, bulan di saat Rasulullah melipatgandakan rasa sayangnya untuk anak-anak yatim.

“Kami memberi nama kegiatan ini ‘Shopping Bahagia bareng Yatim’. Anak-anak kita bawa ke supermarket Palapa di jalan Sepanjang Sidoarjo. Masing-masing kami beri Rp 200 ribu. Kami persilakan mengambil apa yang mereka perlukan,” katanya menjelaskan.

Rohadi berharap, kegiatan ini bisa sedikit menambah kebahagiaan para yatim itu di bulan Muharram dan menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke-77.

Selain itu, pria 39 tahun ini menambahkan, kegiatan ini juga diharapkan agar para yatim itu bisa memanajemen keuangan dan kebutuhannya.

“Sudah kami sampaikan, uang yang kami berikan tidak harus dihabiskan, bisa juga ditabung dan mungkin juga diinfaqkan. Alhamdulillah, saya lihat, adik-adik ini ternya sebagian besarnya menyisakan uang untuk ditabung setelah membeli apa yang mereka butuhkan,” katanya.

Rohadi kemudian mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi para yatim itu.

Momentum Muharram menurutnya, bisa menjadi pengingat bahwa para yatim yang kurang beruntung itu merupakan tanggung jawab bersama.

“Peduli terhadap yatim, tentu saja bukan hanya di Bulan Muharram, namun setiap bulan, setiap saat ketika mereka membutuhkan kita. Setiap Muharram adalah momentum untuk kami, mengajak masyarakat agar terus meningkatkan kepedulian dari tahun ke tahun,” tegasnya.

Muharram, menurutnya, merupakan lebarannya anak yatim. Di saat inilah, menurutnya, adalah momen yang tepat untuk terus meningkatkan level sayang dan perhatian pada anak yatim.

“Rasulullah sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura atau tanggal 10 Muharram. Di mana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya,” kata Ziyad.

Ziyad kemudian menyebutkan sebuah hadist yang menyampaikan bahwa barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.

“Mudah-mudahan, sedikit titipan donatur kami ini akan menambah kebahagiaan para yatim,” harapnya. {}