Bagi Al Quran untuk Puluhan Lansia, Taman Zakat: Agar Lansia Makin Akrab dengan Kitab Sucinya

Puluhan lansia penghuni Griya Wredha Jambangan khusyuk mendengarkan tausiyah dari Ziyad, General Manajer Taman Zakat tentang bagaimana mereka memanfaatkan sisa usia untuk beribadah dan banyak membaca Al Quran.

Tausiyah Ziyad itu disampaikan dalam Program Tebar Manfaat Al Quran untuk Lansia, pada Rabu 27 April 2022.

Ziyad berpesan agar para lansia yang hadir melihat Ramadhan sebagai gudang harta sebagai analogi pahala yang bisa dikeruk sebanyak-banyaknya.

“Melbet gudang harta niku macem-macem modele, wonten sing mboten mbeto nopo-nopo, wonten sing mung mbeto kresek, wonten sing nggowo Tossa. Sing mantep niku mbeto truk, nopo truk gandeng. Njenengan masio mpun sepuh nggih saget mbeto truk gandeng (masuk gudang harta macam-macam modelnya. Ada yang tidak bawa apa-apa, ada yang cuma bawa kantong plastik, ada yang bawa Tossa. Bahkan ada yang bawa truk dan truk gandeng. Meskipun sudah tua, bisa juga bawa truk gandeng),” kata Ziyad.

Ia kemudian menjelaskan 3 caranya. Pertama banyak-banyak sholat sunnah saat Ramadhan.

“Sholat sekuatnya saja, kalo tidak kuat berdirinya, bisa duduk. Kalo tidak kuat, bisa tiduran. Bahkan bisa juga cuma menggerakkan tangan. Yang penting banyak-banyak sholat,” kata Ziyad.

Kedua, ia meneruskan, banyak-banyak membaca Al Quran. Dengan pembagian Al Quran dari Taman Zakat, ia berharap bisa menjadi teman di manapun lansia itu berada. Makin akrab dengan kitab sucinya.

“Al Quran yang kami bagi ini Pak, Bu, bisa dibawa ke mana-mana, bisa dibawa ke kamar juga. Bisa dibaca kapan saja,” ujar Ziyad.

Ia kemudian meminta peserta yang hadir tergabung jadi jamaah tilawah, bukan jamaah rasaniyah.

“Tumut jamaah tilawah mawon, sanes jamaah rasaniyah sing hobine rasan-rasan,” kata Ziyad yang disambut tawa para lansia yang hadir.

Ketiga, banyak sedekah. Menurutnya, sedekah tidak hanya uang, tapi juga dengan senyum.

“Jika dikirimi makanan berlebih, bisa dibagi sama tetangganya, sabun teman habis, bisa dikasih. Itu juga sedekah,” ujar Ziyad sambil tersenyum.

Di akhir penyampaiannya, ia meminta doa dari para lansia yang hadir untuk tim dan para donatur di Taman Zakat.

Kegiatan itu, disambut baik peserta. Sudarto, pria 110 tahun ini mengucao terima kasih saat pembagian Al Quran. “Matur nuwun Al Qurannya. Saya bawa ke kamar,” katanya.

Kepala UPTD Griya Wredha Jambangan Didik Dwi Winarno mengapresiasi program penyaluran Al Quran pada para lansia.

“Alhamdulillah semua kegiatan yang baik dan bermanfaat saya dukung penuh, losss…,” pungkasnya.{}

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *